10 Fakta Sains Hewan Kutub yang Bikin Kita Takjub!

Kalian tahu ‘kan hewan kutub tinggal di mana? Yap! Ada di dua daerah kutub yang saling berseberangan: di utara atau bisa kita sebut Arktik dan di selatan atau Antartika.

Meskipun daerah kutub itu jauh dari kita, seenggaknya kita pernah terpapar dengan kehidupan yang ada di daerah kutub, ya ‘kan? Misalnya dari film atau buku. Melihat ada hewan apa saja yang tinggal di sana, kondisi daratan yang penuh es, sampai tahu suhu yang ada di sana–minus derajat celcius!

Nah biasanya juga nih anak-anak suka bertanya ke orang dewasa karena penasaran dengan kehidupan yang berbeda sangat jauh dari apa yang mereka rasakan, apalagi kita tinggal di Indonesia yang termasuk daerah tropis alias panas. Misalnya, pertanyaan kayak gini nih:

  • Di mana tempat tidur beruang kutub? Apakah mereka kedinginan?
  • Kenapa penguin tidak membeku, kan di sana penuh dengan es?
  • Kok singa laut bisa berenang di air es?

Kalau udah dikasih pertanyaan gitu, kita bisa jawab apa nih? Nyari di internet? Hmm mending dari buku aja! Apalagi kalau bukunya spesial untuk dipelajari anak-anak dengan interaktif! Kayak isi dari buku senter Seri Hewan Kutub terbitan Insani Kids yang punya banyak fakta ilmiah seputar beruang kutub, singa laut, dan juga penguin! Apa saja fakta-faktanya? Simak penjelasannya berikut ini yaa …

  1. Musim Dingin Tiba, Beruang Kutub Tidur Panjang!
    Saat musim dingin, makanan menjadi langka. Makanya, sebelum musim dingin tiba, beruang kutub mencari makan sebanyak-banyaknya! Biar jadi bekal untuk tidur panjang atau hibernasinya.
  2. Warna Bulu Beruang Kutub adalah Transparan!
    Warna putih beruang terjadi karena cahaya matahari yang masuk di lapisan bulu beruang. Sementara, warna kulit beruang kutub adalah hitam. Gunanya untuk menyerap panas pada saat suhu sangat dingin.
  3. Hati-Hati, Indra Penciuman Beruang Kutub Sangat Tajam!
    Indra penciuman beruang bisa dibilang sangat tajam karena mereka bisa mencium mangsa yang ada di bawah lapisan es setebal 1,5 meter!
  4. Gigi Singa Laut Sangat Banyak & Tajam!
    Singa laut memiliki gigi antara 34-38 buah. Gigi singa laut yang tajam mampu merobek dan menangkap mangsanya.
  5. Lapisan Lemak yang Melindungi Mereka dari Kedinginan!
    Singa laut memiliki lapisan lemak di bawah kulit mereka yang biasa disebut blubber. Lapisan lemak ini dapat mengunci panas tubuh singa laut dan melindungi mereka dari suhu titik beku.
  6. Singa Laut juga Bisa Hidup di Darat!
    Singa laut termasuk kelompok hewan laut yang bisa melakukan aktivitas di darat atau termasuk ke dalam kelompok pinnipedia. Sirip belakangnya memudahkan mereka untuk hidup di darat karena fungsinya menyerupai kaki.
  7. Bukan Sang Ibu, tapi Sang Ayah yang Mengerami Telur!
    Saat musim dingin tiba, para penguin betina sudah bertelur. Inilah saatnya penguin jantan yang menjaga atau mengerami telur. Di saat itu pula, penguin betina akan mencari makan yang bisa menghabiskan waktu dua bulan!
  8. Penguin: Sejenis Burung, tapi Tidak Bisa Terbang!
    Penguin adalah sejenis burung yang tidak bisa terbang, tetapi pandai berenang. Penguin sama seperti singa laut, mereka hidup secara berkelompok.
  9. Ibu Penguin Bisa Mengenali Anaknya Hanya dari Suara!
    Setelah dua bulan telur dierami oleh penguin jantan dan kemudian menetas, sang ibu penguin kembali pulang dan memberi makan anaknya. Meski mereka baru bertemu pertama kali, ibu penguin bisa mengenali bayi penguin dari suaranya.
  10. Wow, Berat Hewan Ini Bisa Lebih dari Setengah Ton!
    Di antara beruang kutub, singa laut, dan penguin, manakah hewan yang memiliki berat paling ringan? Tentu saja penguin! Salah satunya, penguin kaisar yang tingginya 1 meter memiliki berat mencapai 35 kg. Sedangkan berat beruang kutub dan singa laut hampir sama nih. Berat beruang kutub jantan bisa mencapai 800 kg, sedang beruang kutub betina memiliki berat 300 kg. Kalau singa laut betina bisa mencapai 200 kg, sedangkan berat singa laut jantan berukuran 2x lipatnya atau sekitar 500 kg.

Itu dia 10 fakta ilmiah tentang 3 hewan kutub yang bisa bikin kita takjub karena mereka bisa tinggal di daerah dengan kondisi ekstrem dingin! Seluruh fakta ini diambil dari buku senter Seri Hewan Kutub karya Nurhayati Pujiastuti. Belajar lewat buku ini jadi semakin interaktif karena fakta ilmiah dibalut dengan cerita. Selain itu, ada fitur halaman senter yang bisa menambah interaksi dan membangun imajinasi anak, keren banget!

Buku Anak – Seri Hewan Kutub

Beli di Shopee: Jual Buku Anak – Seri Hewan Kutub | Shopee Indonesia

Author

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like