Kenalkan Anak pada Perjuangan Palestina. Cara Mudahnya Ada di Sini!

Kemarin, hari ini, atau esok hari anak-anak kita mungkin akan bertanya,

“Bund, apa yang terjadi dengan Palestina?”
“Mengapa kita harus membela Palestina?”
“Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu Palestina?”

Hal sederhana yang bisa kita lakukan saat ini, dengan mengajak si kecil untuk mengenal keistimewaan Palestina dan perjuangan mereka melalui buku, khususnya buku anak. Melalui media buku, anak akan lebih mudah mencerna apa yang disampaikan karena dikemas dengan bahasa yang sederhana dan ilustrasi yang menarik.

Insani Kids dari Gema Insani punya pilihan buku-buku anak bertema Palestina yang mudah dan praktis untuk disimak anak-anak mulai usia 3+ sampai 7+. Apa saja buku-bukunya?

  1. Rindu Al-Aqsha

Buku ini salah satu karya dari Tim Adara yang merupakan lembaga sosial yang seluruh pengurusnya perempuan. Mereka berupaya membela perempuan dan anak-anak miskin di berbagai belahan dunia, khususnya bangsa Palestina. 

Buku Rindu Al-Aqsha spesial diterbitkan untuk anak-anak agar dapat mengenal Masjidil Al-Aqsha dan perjuangan Palestina. Buku yang cocok untuk anak usia 3+ ini, mengisahkan kakak-beradik, Daru dan Dara yang sangat antusias bertanya pada sang nenek tentang peristiwa Isra Mi’raj yang berkaitan erat dengan Masjidil Aqsha serta belajar kepedulian pada warga Palestina. Wah, pasti menginspirasi si kecil banget nih, Bund!

Rindu Al-Aqsha karya Tim Adara

  1. Komik Petualangan ke Masjid-Masjid Bersejarah di Dunia

Si kecil suka dengan cerita komik? Yuk Bund, sini kita merapat! Lewat cerita komik yang menarik di buku ini, anak akan diajak untuk mengenal dan memahami Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Masjid Cordoba, Masjid Al-Aqsha, dan sebagainya. Buku karya Fitri Restiana ini, cocok banget disimak anak-anak usia 7+, Bund.

Berawal dari tugas sekolah untuk membuat makalah tentang masjid-masjid bersejarah di dunia, dua saudara kembar Zahra dan Adzan serta teman-teman memulai petualangan ilmiah mereka. Petualangan Zahra dan Adzan memberi berbagai pengalaman seru. Ternyata banyak sekali masjid bersejarah peninggalan peradaban Islam di seluruh penjuru dunia! Gimana kelanjutan petualangannya ya? 

Komik Petualangan ke Masjid-Masjid Bersejarah di Dunia karya Fitri Restiana

  1. Seri 3 Kota Suci

Buku karya Fadila Hanum ini, terdiri dari 3 jilid yang mengisahkan tentang tempat-tempat dan benda bersejarah yang ada di kota-kota suci bagi umat Islam. Ada Mekah: Kota yang Diberkahi, Madinah: Kota yang Bercahaya, dan Baitul Maqdis: Kota yang Disucikan. 

Secara detail tentang Palestina, ada di jilid ke-3 berjudul Baitul Maqdis: Kota yang Disucikan. Anak-anak diajak untuk mengenal dan memahami tentang Masjidil Aqsha, Kuba Shakhrah, dan sebagainya. Tapi, kalau Bunda mau menghadiahkan ketiga jilidnya untuk si kecil juga boleh, lho. Buku seri yang cocok untuk anak usia 3+ ini bisa dipesan satuan maupun per set ya.

Seri 3 Kota Suci karya Fadila Hanum

  1. Komik Petualangan Sula: Terdampar di Kota-Kota dalam Al-Qur’an

Wah, kok bisa terdampar ya? Tapi, terdampar yang justru mengantarkan tokoh anak-anak dalam komik ini berada di kota-kota yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan belajar memahami sejarah di kota tersebut, lho! Ada kota apa saja ya?

Sula dan kawan-kawan siap mengajak si kecil untuk berpetualang nih Bund dalam komik karya Irvan Aqila ini. Ilustrasi komiknya keren banget sehingga kisahnya jadi lebih hidup dan seru. Cocok banget disimak anak-anak usia 7+. 

Komik Petualangan Sula: Terdampar di Kota-Kota dalam Al-Qur’an karya Irvan Aqila

Masya Allah, muatan ilmu yang dikemas dengan fitur-fitur dalam buku-buku tersebut memang sudah tepat dan sesuai untuk usia anak. Mudah-mudahan dengan ikhtiar sederhana yang bisa Ayah dan Bunda lakukan dengan menghadiahkan buku-buku ini untuk si kecil, dapat bermanfaat untuk perjuangan saudara-saudara kita di Palestina. Aamiin.

Author

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like