Kritik Menjatuhkan? Jangan Sedih Dulu, Coba Simak Ini, Yuk!

Banyak kritik negatif yang kita terima, berupa celaan yang disampaikan dengan sinis, membuat harapan runtuh & percaya dirimu jatuh. Tapi, tenang ya kita gak sendirian.

Dulu Abu Bakar ash-Shiddiq r.a. pernah dicela & dikritik oleh seorang laki-laki. Lalu ia berkata: “Celaanmu akan masuk bersamamu dalam kuburmu, tidak dalam kuburku. Perbuatan keji, perkataan buruk, dan perangai jahat akan dipendam bersama pelakunya dalam satu kafan & menemani hingga di kuburnya.” 

Pesan dari salah satu Ulama kita, Aidh Al-Qarni,

“Jika sebuah mulut telah mengangkat suara dengan mencelamu, katakan kepadanya, “Selamat tinggal, aku tidak punya waktu.” Balasan terbaik untuk para pendengki & kritikus adalah perbuatan mulia, sifat terpuji, serta moral yang indah.”

Syekh Aidh Al-Qarni

Allah SWT. juga telah menyerukan dalam firmannya, 

“Dan apabila mereka mendengar perkataan yang buruk, mereka berpaling darinya dan berkata, “Bagi kami amal-amal kami dan bagimu amal-amal kamu, semoga selamatlah kamu, kami tidak ingin (bergaul) dengan orang-orang bodoh.” 

QS. Al-Qasas (28) Ayat 55 

Yang kuat ya, jadi hebat, yuk! Semoga kita juga bukan termasuk orang yang suka mencela dengan kritik sinis & menjatuhkan sesama ya. 

Terinspirasi dari: Buku Berjuanglah Masalah Pasti Usai Karya Aidh Al-Qarni.

Berjuanglah, Masalah Pasti Usai karya Dr.’Aidh Al-Qorni. 452 halaman, terbitan Gema Insani. ISBN: 978-602-250-630-0

Beli di Shopee: Jual Berjuanglah, Masalah Pasti Usai | Shopee Indonesia

Author

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Agar Kita Ditolong Allah

Kadang kita terlalu fokus “Gimana cara selesaikan masalah.”  Tapi melupakan, “Gimana Allah menolong kita buat selesaikan masalah itu.” Padahal,…