Manfaat di Balik Gerakan Shalat yang Benar dan Thuma’ninah! 

Sebelum mengungkap manfaat di balik gerakan shalat yang benar dan thuma’ninah, kita juga perlu tahu apa sih yang dimaksud dengan ‘benar dan thuma’ninah’ itu?

Shalat harus dilakukan dengan gerakan yang benar sesuai syari’at, mulai dari takbiratul ikhram, ruku’, sujud, dan seterusnya. Dikutip dari https://jabar.kemenag.go.id/ , “Pengertian tuma’ninah dalam shalat adalah tenang, sebuah syarat untuk mencapai kekhusyuan dalam shalat. 

Sesuai dengan pesan Rasulullah saw. : ”Kalau kamu berdiri ketika shalat, maka berdirilah dengan tuma’ninah. Kalau kamu ruku, rukulah dengan tuma’inah. Kemudian berbuatlah demikian dalam shalatmu”.

(HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad dari Abu Khurairah).

Ada juga yang mengartikan tuma’ninah itu “tenang (berhenti dan tidak bergerak) setelah bergerak dan semua anggota badan sudah diam pada tempatnya, kira-kira lamanya seukuran membaca “Subhanallah”. Dari uraian di atas, dapat dipahami bahwa tuma’ninah dimaknai dengan khusyu dan melakukan gerakan shalat dengan tertib.” 

Luar biasanya, ketika bisa melaksanakan shalat dengan benar dan thuma’ninah, Allah SWT. memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan psikis kita, lho! Dikutip dari buku anak berjudul Amazing Series: Amazing Islam karya Izzah Annisa, “Hal tersebut dibuktikan oleh Profesor Muhammad Khasawneh dari Departement of Systems Science & Industrial Engineering Universitas Binghamton di New York.

Di dalam penelitiannya, Profesor Khasawneh mendapat hasil bahwa shalat bisa mengurangi stres pada tubuh, membuat hati terasa tentram, dan pikiran pun menjadi tenang. Profesor juga menemukan bahwa gerakan ruku’ dan sujud yang sempurna dapat mengurangi rasa nyeri pada penderita sakit punggung. Sebaliknya, rasa sakit akan makin bertambah jika gerakan ruku’nya kurang benar dan tidak thuma’ninah. Masya Allah Tabarakallah!

Buku Anak
Amazing Islam karya Izzah Annisa

Author

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Ngaji Tanpa Jilbab?

“Duh besok ngaji pake baju apa ya?”“Emang ngaji ada dress code-nya?”“Boro-boro ngaji apalagi dress code, pakai jilbab aja…