Sayangilah Semua Makhluk Ciptaan Tuhan

Binatang merupakan makhluk hidup ciptaan Tuhan. Binatang memiliki hak yang sama seperti kita, yaitu sama-sama berhak untuk hidup di dunia ini. Binatang harus diperlakukan dengan baik, jangan sampai kita menyiksa atau bahkan menyakitinya.

Namun, masih banyak yang mengabaikan hal tersebut. Jika kita melihat seseorang memperlakukan hal tidak baik terhadap binatang, maka tegurlah dengan cara sopan dan dengan bahasa yang baik.

Bagaimana cara kita bisa berbuat baik terhadap binatang? Salah satu caranya, apabila binatang sedang kesakitan atau terluka kita bisa menolong binatang tersebut dengan mengobatinya. Hal baik inilah yang disenangi oleh Allah, dan akan diberikan pahala oleh Allah Ta’ala. Masya Allah indahnya.

Kehadiran buku “Jangan Menyiksa Binatang” yang merupakan bagian dari 1 Set Seri Berani Menegur karya Alby Syafie ini sangat tepat disajikan untuk anak-anak.

Melalui kisah-kisah teladan akhlak dan sikap, anak akan belajar memahami sejak dini bagaimana cara berbuat baik terhadap binatang. Akhlak baik tidak menyiksa binatang dikemas secara halus di buku ini. Dikemas dalam bentuk cerita sehari-hari sehingga anak akan mudah untuk memahami dan meneladaninya.

Di dalam buku ini, salah satu contoh sikap yang cukup mengena di anak-anak adalah ketika Dayu mengganggu dan menyiksa seekor kucing, Sakhi berani menegurnya dan memberi tahu bahwa perbuatan Dayu menyiksa kucing adalah perbuatan yang salah, tetapi Dayu tetap tidak mau melepaskan kucing yang ia ganggu sehingga tangan Dayu pun dicakar kucing tersebut. Kucing yang dipegang Dayu terlepas dan kabur. Namun, Sakhi berniat baik untuk membantu mengobati tangan Dayu yang tercakar kucing.

Yuk, hadiahkan buku ini untuk si kecil agar menumbuhkan rasa pedulinya terhadap binatang sejak usia dini.

Ditulis oleh: Septiana Novianti Dwi Putri

1 Set Seri Berani Menegur karya penulis Alby Syafie dan ilustrator Aira Rumi diterbitkan Gema Insani pada tahun 2019 dengan tebal jilid 32 halaman.

Beli di Shopee: Jual Buku Anak – 1 Set SBM (Seri Berani Menegur) | Shopee Indonesia

Photo by Andriyko Podilnyk on Unsplash
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like