Hidup Sulit? Coba Rumus Ini!

Tiap orang pasti punya kesulitan hidup masing-masing. Macam-macam kesulitan hidup, bisa berupa gak punya uang, dibully teman, banyak penyakit, gagal cinta, gak masuk sekolah impian, susah dapat kerja, atau pertengkaran orang tua. Tapi,

 فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۙ
“Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan,” 

QS. Asy-Syarh Ayat 5

Gak percaya? Mereka sudah membuktikannya sendiri.

Nabi Muhammad saw.:

Kesulitan yang Rasulullah rasakan berupa beban berat dalam berdakwah, banyak ditolak, dicaci maki, diancam, dimusuhi, dan-lain-lain. Namun, kemudahan yang diberikan pun luar biasa berupa Allah SWT. angkat dan muliakan nama Rasulullah saw. Bahkan, namanya masuk dalam kalimat syahadat.

Buya Hamka (Ulama & Sastrawan Indonesia):

Kesulitan yang dihadapi Ulama sekaligus penulis buku ini, yaitu pernah dijebloskan ke dalam penjara selama 2 tahun 4 bulan karena kezaliman pemerintah saat itu. Kemudahan yang ia dapatkan selama di penjara adalah bisa khatam Quran >150 kali, menulis tafsir Quran 28 Juz, dan royalti Tafsir Al-Azhar Juz 1 sebagian besar jadi biaya Hamka, istri, dan 1 anaknya untuk naik haji.

Mengapa ada kesulitan, tapi disertai kemudahan? 

Itulah Sunnatullah! Awalnya memang serba sulit, akhirnya jadi serba mudah. Kemudahan bisa tercapai karena keimanan. Iman membuat kita termotivasi untuk berjuang dengan cara positif dan penuh hikmah kebaikan. 

Cepat Puas? Eitsss!! Pastikan kita,

 فَانْصَبْۙ… 
“…Tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain)” 

QS. Asy-Syarh Ayat 7 

Keep istiqomah untuk,

 وَاِلٰى رَبِّكَ فَارْغَبْ 

“dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.”  

QS. Asy-Syarh Ayat 8

Sulit itu sementara. Mudah adalah keniscayaan. Semangat!

1 Set Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka. Diterbitkan Gema Insani tahun 2015. 1 Set Tafsir al-Azhar terdiri dari 9 jilid. ISBN 978-602-250-244-9.

Beli di Shopee: Jual Buku Hamka – 1 Set Tafsir al-Azhar | Shopee Indonesia

Sumber: Juz `Amma Tafsir Al-Azhar Karya Prof.Dr. Hamka

Author

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Dakwah Terbaik

Sering kita kecewa ketika pasangan suami istriatau anak  belum sesaleh yang diharapkan.  Shalat subuh masih telat, diajak kajian…